Prospek biro periklanan dan multimedia ke depan masih cukup luas. Hal yang paling penting yaitu harus ada tenaga yang memiliki keahlian/skill di bidang multimedia dan iklan. Lalu membuat beberapa contoh hasil karya untuk media-media periklanan dan multimedia. Kalau bisa contoh karya yang dibuat cukup banyak dengan banyak tema yang berbeda tetapi sangat tekankan pada sisi kualitasnya.
Selain itu juga diperlukan promosikan biro periklanan dan multimedia yang gencar dengan menunjukkan portofolio hasil karya juragan. Buat website khusus tentang beserta contoh2 hasil karya. Buat juga map/brosur/leaflet tentang contoh2 hasil karya. Dan dalam iklan tersebut disebutkan bersedia membuat aneka produk iklan dan multimedia yang minimal sama bagusnya dengan portofolio hasil karya.
Modal awal untuk sebuah PC Desain Grafis bisa mencapai 5 juta/pc dengan monitor layar lebar untuk 2-3 pc. Jumlah pekerja bisa 2-3 orang sebagai start awal dengan rentang gaji 2juta/bulan. Printer warna resolusi tinggi dengan harga 1,5 juta sudah mencukupi. Koneksi internet bisa membantu untuk membuat penawaran dan contoh produk di website. Biaya promosi dapat melalui koran, majalah, leaflet, brosur tergantung keadaan.
Diestimasikan :
1. Komputer (2), printer (1) : Rp. 11,5 juta
2. Beban listrik, internet, telepon : Rp. 500ribu
3. Beban gaji 2 orang : Rp. 4 juta
4. Biaya promosi : Rp 2 juta
5. Beban perlengkapan
(kertas, brosur, cetakan) : Rp 2 juta
6. Beban rupa-rupa : Rp 2 juta
Total Rp 22 juta
Kriteria SDM harus bisa menguasai Bahasa Inggris, mengenal lokasi/spot2 yang strategis untuk promosi offline dan online, mengenal desain grafis dengan baik, menguasai aplikasi komputer Photoshop, flash, 3dmax, dll.
No comments:
Post a Comment