MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Bail out century : Damn if you do, damn if you don't!


Krisis ekonomi global itu nyata! Dan sampai sekarang krisis finansial global masih terasa dengan nyata. Tahun 2008 akhir sampai pertengahan tahun 2009 adalah puncak (bottoming). Dan semua negara pun terkena sampai-sampai G20 mengalami promosi menjadi forum yang lebih konsisten dalam membahas krisis finansial global.

Bank Century adalah korban krisis ekonomi ini jika tidak diselamatkan nyaris menjadi stimulan terhadap aneka krisis kepercayaan terhadap perbankan di Indonesia.


Quote:
Bicara perbankan itu bicara kepercayaan. Ekonomi adalah ilmu sosial masyarakat sehingga krisis perbankan sangat identik dengan krisis kepercayaan. Krisis ekonomi juga sangat dipicu oleh ketidakpercayaan sangat banyak penyandang dana yang membentuk psikologi krisis pasar.

Karena industri perbankan adalah industri yang berbasis kepercayaan. Dan biasanya masyarakat akan pukul rata terhadap semua bank apabila ada bank yang dilikuidasi. Dan biasanya bank yang tidak dipercayai masyarakat adalah bank swasta seperti century, dkk.

Jadi sangat wajar century diselamatkan karena saat itu situasi kepercayaan terhadap ekonomi indonesia dan ekonomi global terletak pada titik nadir. Dan di saat yang bersamaan terjadi bank rush di Hong Kong diakibatkan rendahnya kepercayaan masyarakat yang menjadi nasabah bank tersebut.

Perlindungan konsumen (nasabah) dan perlindungan industri perbankan harus dijadikan prioritas untuk mencegah krisis lanjutan.

Krisis (kepercayaan) ekonomi pada dasarnya terjadi dalam tiga tahap.

Yaitu neraca pembayaran yang negatif dikarenakan dana di dalam negeri lari ke luar negeri.

Kedua, terjadi krisis (kepercayaan) perbankan dimana perbankan kekurangan dana dalam mengelola aktivitas dan menyokong ekonomi.

Lalu ketiga terjadi krisis mikroekonomi dimana pengangguran akan melimpah, harga menjadi tidak stabil sehingga otomatis akan terjadi demonstrasi (yang umum terjadi dalam segala lapisan masyarakat Indonesia).

Bank Century adalah bank gagal. Oleh karena itu wajib dipertahankan ditengah-tengah titik nadir kepercayaan masyarakat terhadap ekonomi. Karena pada dasarnya perbankan adalah industri yang berbasis pada kepercayaan.

Dan sekarang bail out century dipermalahkan. Dan saya yakin kalau bank century saat itu tidak diselamatkan maka kondisi perbankan swasta akan hancur dimana masyarakat akan beramai-ramai menarik uangnya dari bank swasta. Dan menyimpan uangnya ke perbankan bumn atau ke luar negeri.

Ingat, Indonesia di mata ekonomi internasional masih negara yang sangat kecil dengan daya tahan ekonominya. Kita masih berstatus negara yang sangat kecil dari segi perekonomian global. Kalau ada ketidakpercayaan lokal dan global terhadap ekonomi indonesia khususnya saat krisis maka itu akan berakibat fatal bagi fondasi ekonomi negara dan kepada seluruh penduduk. Jika terlihat ada suatu hal yg bermasalah khususnya di perbankan, maka akan berakibat fatal bagi ekonomi indonesia secara keseluruhan.

Bail out bank century itu memang harus dilaksanakan untuk mempertahankan kepercayaan ekonomi Indonesia yang pada dasarnya sangat lemah bagi ekonomi lokal dan internasional.

Dan kalau bail out bank century itu sekarang dipermasalahkan, itu hanya kepentingan para politisi busuk yang pada saat terjadinya krisis tidak berbuat apa-apa. Dan ketika krisis sudah selesai mengklaim itu hasil perbuatannya atau malah menyalahkan orang lain dengan seenaknya.


 -------------------------------------------------------------------------


Sudah saatnya SM, Boediono dan BI menyiapkan diri menghadapi krisis global jilid 2 (double dip recession)

Potensi inflasi di tengah-tengah pengangguran yang sangat tinggi sudah dibaca oleh publik AS khususnya The Fed. Dan kemungkinan ini akan menyebabkan The Fed fund rate akan tetap sangat rendah dgn mengorbankan banjirnya likuiditas di pasar global hanya demi kepentingan politik obama.

Hal ini akan berakibat fatal mengenai sektor komoditas. Dan akan berakibat buruk jika harga minyak naik. Di tengah-tengah kondisi ekonomi yang masih sangat buruk.

Boediono, Sri Mulyani dan Bank Indonesia, you should be more concern about this!

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com