MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Cara pulihkan ekonomi Amerika Serikat

Krisis ekonomi AS awalnya adalah dari kredit macet di sektor perumahan (subprime mortgage) jadi krisis ini juga harus berakhir dengan penyelesaian di subprime mortgage juga

Bailout yang sekarang totalnya sudah 7 triliun dolar kan masih sebatas bailout ke sektor keuangan saja padahal penyelesaian krisis ekonomi as tidak sesimple itu penyelesaiannya, harus dari :

1. suntikan dana bagi sektor finansial yg mengalami NPL dan penyusutan asset surat berharga bidang subprime mortgage sangat tinggi, dan penebusan kredit2 macet yang ada di institusi keuangan.

2. menebus rumah2 yang tidak laku yang dimiliki oleh para pemilik rumah yg terpaksa harus menjual rumahnya dgn harga sangat murah krn tidak laku serta pendapatannya juga terpaksa tergerus krn harus bayar cicilan pembelian yang mahal padahal harga jualnya sangat murah sekali. Dan jumlah pemilik rumah itu sangat banyak sekali.

3. karena banyak kerugian bagi sektor rumah tangga dlm harga rumah dan juga semakin miskin, maka belanja rumah tangga jg sudah pasti menurun. utk sikapi hal ini us juga harus naikkan gaji karyawan sektor menengah ke bawah us nya sendiri.

4. terus yang terakhir adalah membuka keran kredit murah untuk sektor rumah tangga dan sektor usaha menengah ke bawah bagi orang2 usnya sendiri.

5. lalu regulasi yg ketat thd sistem kredit perumahan, dan aturan tegas terhadap bank investasi tidak boleh membeli aset bank perkreditan/bank perumahan, serta regulasi yang ketat thdp surat berharga kredit perumahan as dan derivasinya.

Dan semua ini butuh dana sampai 10 triliun USD. tetapi US sendiri tidak mempunyai uang yang cukup utk itu. Karena itu maka us akan mengalami deflasi hebat, karena harga asset2nya sendiri akan semakin murah atau menyusut. dan ciri2 deflasi yang paling utama adalah apresiasi USD. Jadi selama AS mengalami deflasi, selama itu juga USD akan menguat.

Tetapi sekarang ini yang menjadi kesalahan AS adalah terlalu membanjiri pasar keuangannya sendiri dengan stimulus bailout 700 billion USD, pembelian junk bond oleh The Fed, pembelian Treasury Bond oleh The Fed dan stimulus ekonomi as 787 billion USD. Hal yang sangat boros karena ditengah-tengah hutang AS yang sudah mencapai lebih dari 1 trillion USD, akan mengakibatkan USD mengalami depresiasi dengan mata uang lainnya. Dan USD akan depresiasi hanya sendirian saja karena Uni Eropa dengan Euronya telah melakukan tindakan yang tepat dengan tidak melancarkan stimulus yang boros dan tidak tepat guna pada pertemuan G-20 di London yang mencegah depresiasi Euro secara dalam.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com