MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Menilik Surat Krugman untuk Obama

Menilik surat krugman buat obama (http://www.rollingstone.com/politics/story/25456948/what_obama_must_do), Kalau di Indonesia gw lebih menekankan tentang sangat pentingnya memprioritaskan produk lokal dalam negeri sendiri.

Secara singkat Paul Crugman menceritakan :
1. Kesukesan Paul Volcker selama krisis tahun 1980 dimana Paul Volcker berhasil mengendarai krisis keuangan amerika serikat dimana dia menaikkan suku bunga untuk mematikan semua toxic2 di keuangan tetapi akibatnya krisis sangat terasa sekali dan semua org berteriak. Lalu setelah semua toxic2 tersebut hilang lalu ia menurunkan suku bunga, mendorong penuh pinjaman ke masyarakat melalui bank, menggenjot perekonomian dengan likuiditas selanjutnya perekonomian langsung pulih dan tumbuh dengan cepat.

2. Kebaikan dan keburukan yang dilakukan oleh Frank Delano Roosevelt (FDR) selama great depressiion dimana 25% orang amerika kehilangan pekerjaan. FDR memaksa bank2 pemerintah (saat itu 30% bank di us adalah BUMN) unmtuk meminjamkan uang ke orang2 dan perusahaan dan usaha berjalan. FDR melakukan bailout korporasi US spt Bush dan Obama skrg melalui TARP. Lalu ia banyak membangun proyek2 besar selama 3 tahun dan cukup berhasil mengurangi jumlah pengangguran di US. Tetapi krisisnya sendiri berlangsung cukup lama yaitu dari 1932-1937 selama 5 tahun. Dia menceritakan inovasi yg dilakukan oleh FDR yaitu FDR yang menemukan sistim asuransi yg dipakai oleh US citizen sampai detik ini.

3. Dia menyetujui kebijakan obama tentang perlindungan kesehatan untuk semua warga AS. Asuransi kesehatan yg di us sekarang ini terikat pada pekerjaan, jadi ketika seorang kehilangan pekerjaan ia dan keluarganya otomatis kehilangan perlindungan asuransi. Dia mewaspadai hal ini dengan mendukung kebijakan obama ttg asuransi utk semua.

4. Dia menyetujui kebijakan obama ut menghentikan pengeluaran tidak perlu kpd perang. Dan dia juga setuju dgn membangun infrastruktur dan segala macam konstruksi besar2an.

5. Dia lebih setuju kebijakan tentang green environment dan reduce gas emission itu dilakukan thn 2010 untuk memfokuskan tahun 2009 sebagai tahun utk pemulihan ekonomi.

6. Dia menginginkan adanya penelusuran dan penyelidikan tentang apa yg sudah dikerjakan amerika selama era bush spt penyerangan ke afganistan dan irak tanpa hasil spt menemukan senjata pemusnah massal atau teroris. Dia menginginkan amerika harus menelusuri dan memperjelas sejarahnya agar org2 amerika dpt belajar dari sejarah dan tidak mengulangi sejarahnya dulu.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com