MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Ekonomi Global 2009-2010

Saya melihat kondisi perekonomian akan mengalami titik terendahnya bulan Juli-Agustus 2009 yang akan datang.

Di mana akan perbankan bermasalah, perusahaan otomotif, perusahaan-perusahaan yg tidak dikelola dengan baik, dan perusahaan2 ekspor yang telah semuanya memilih untuk bangkrut untuk kesehatan dan kerampingan ekonomi dari beban dan inovasi yang lebih baik lagi.

Setelah itu selama masa September-Desember 2009, ekonomi Global akan mengalami stagflasi. Untuk perkembangan ekonomi 2010, sangat ditentukan oleh kebijakan Amerika Serikat yang dikenal dalam stimulus ekonomiya boros dan tidak ekonomis apakah tetap mengeluarkan supply uang M2 ke pasar secara berlebihan.

Atau dapat netral dan tenang dalam menyikapi pasar , dengan membiarkan sejumlah asset yang tidak baik dan menjadi pukulan bagi ekonomi rontok sendiri, membiarkan sejumlah perusahaan yang tidak dikelola dengan baik rontok sendiri, dan membiarkan sejumlas asset2 yg tidak layak hilang sendiri di pasar. Agar ekonomi yg jelek mendapatkan sangsi dan efek jera yang sepadan dan sangat tegas agar tidak mengulangi hal yg serupa selama 30 tahun ke depannya.

Lalu memberlakukan regulasi yg sangat ketat dalam industri jasa keuangan, memberlakukan pengawasan lebih ketat akan M2 atau likuiditas yang sangat membebani pasar keuangan agar diatur dengan lebih disiplin, dan menyokong supply money untuk menggerakkan PDB dan bukannya M2 secara keseluruhan dan tidak berpusat di industri jasa keuangan saja tetapi harus terutama mencakup sektor2 riil dan sektor2 utama masyarakat spt pendidikan, kesehatan, infrastruktur riil, dan infrastruktur digital.

Jangan sampai Amerika Serikat akan memaksakan diri memacu lebih cepat tanpa arah dan landasan sehingga akan dengan mudah jatuh lagi dan lagi selama 10 tahun ke depan. Dan sebaiknya harus bersikap hati2 dan teregulasi selama 4 tahun ini untuk kebaikan ekonomi 30 tahun ke depan?

Secara kesalahan ekonomi terbesar selama 80 tahun ini haruslah disikapi dengan sangat fokus dan tegas dan tidak main2 sambil melakukan hal2 lain yg tidak perlu, agar kiranya selama puluhan tahun ke depan anak cucu kita tidak akan mendapatkan hal yg bisa lebih buruk lagi nantinya.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com