MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Kritik untuk Kebijakan Stimulus Ekonomi Indonesia

Dalam resesi ekonomi ini dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun dalam kuartal I 2009 dan harga-harga komoditas terutama harga minyak jatuh merupakan pertanda pemerintah harus melakukan intervensi pasar tidak hanya tetap waktu tetapi juga tepat sasaran. Dengan rasio hutang Indonesia yang relatif masih sehat sebagai syarat utama, maka adanya pelaksanaan situlus ekonomi sehingga membebankan APBN Indonesia sampai defisit 2,5% tahun 2009 ini adalah hal relatif wajar.

Maka Indonesia harus mengadakan pembangunan di segala bidang terutama bidang-bidang yang langsung mengena di dalam perekonomian dan mempunyai dampak berlipat ganda terhadap produktivitas masyarakat. Stimulus ekonomi haruslah ditekankan pada pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, fasilitas produktivitas masyarakat, fasilitas pengembangan sumber daya manusia dan stimulus di dalam bidang teknologi. Sehingga ketika krisis sudah selesai, bangsa kita sudah siap bertarung di zona persaingan ekonomi dengan kekuatan penuh yang dipersiapkan tahun ini dan juga stimulus ini dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi secara sementara di dalam periode resesi ekonomi yang sangat langka ini.

Tetapi nampaknya jalan stimulus di Kantor Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan rada memble nih. Sudah pertengahan tahun tetapi yg jalan masih sangat sedikit. Birokrasi stimulus antara Depkeu dan K/L harus diperlancar dan akuntabilitasnya harus dijaga untuk mengatasi hal ini. Harus ada Biro Stimulus Pembangunan Ekonomi yg berada di bawah Menko Ekonomi dan Menkeu untuk memudahkan jalannya stimulus ekonomi. Penjalanan stimulus ekonomi Indonesia harus meniru China dimana efisiensi dan efektivitas sangat berbuah manis dan dilaksanakan secara kuat pengawasan, tepat waktu, dan tepat guna dalam menggerakkan ekonomi nasional Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com