MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Pemisahan Ibu Kota Negara dan Ibu Kota Bisnis

Jakarta itu sudah menjadi pusat dari segala yang berbentuk di Indonesia. Mulai dari pusat ekonomi dan bisnis, pusat pemerintahan, pusat kependudukan, pusat kemacetan, pusat hiburan, pusat kesenjangan sosial, pusat pencemaran air dan udara, dan pusat dari urbanisasi masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu untuk alasan :
1. Kestabilan pembangunan Indonesia
2. Kemudahan membangun ekonomi Indonesia
3. Kemudahan pengawasan pertahanan dan keamanan Indonesia dan perwakilan negara-negara sahabat
4. Meringankan beban kehidupan banyak pegawai negeri dan pegawai negara beserta keluarganya baik dalam pendidikan, kesehatan, maupun penghidupan yang layak.
5. Mengurangi kemacetan dan polusi (pencemaran) udara serta air.
6. Membantu penataan kota Jakarta sebagai kota bisnis terbesar Indonesia.
7. Mengurangi ancaman banjir akibat ketidaksanggupan area Jakarta dalam menunjang aktivitas banyak warganya yang berlebih dan kurang secara penataan.
8. Mengureangi ekonomi biaya tinggi yang diakibatkan oleh kemacetan (banyak wktu menganggur di jalan raya) dan polusi yang tinggi yang mempengaruhi biaya kesehatan warga Jakarta.
9. Mengurangi ancaman pertahanan dan keamanan Jakarta selaku tempat Bisnis dan tempat Pemerintahan.
10. Membludaknya beban sampah kota yang sudah tidak bisa ditanggulangi lagi oleh sumber daya pengolahan sampah saat ini.
11. Kemudahan pemfokusan tujuan negara RI dalam fokus tata kelola negara dan pemerintahan dan fokus tata kelola ekonomi terbesar negara.
12. Desentralisasi pembangunan, pengurangan urbanisasi dari desa ke kota, dan penciptaan lapangan kerja di kota lain.

Tentunya sangat menyedihkan sebuah ibukota negara terbesar di ASEAN menjadi contoh terburuk dalam kesehatan warga kotanya sendiri. Selain dari sungai besar kotanya yang tidak layak untuk disentuh, infrastruktur air minumnya yang sudah berkarat dan sangat perlu diperbaiki karena sisa-sisa zaman penjajahan Belanda 75 tahun yang lalu, sistem sanitasi yang sangat tidak berjalan, apakah yang dapat bisa banggakan dari kota Jakarta ini?

Oleh karena itu tentunya untuk memindahkan kota pemerintahan ke tempat pedalaman banyak mempunyai manfaatnya jika Indonesia mempunyai dana yang sangat banyak untuk konstruksi semua bangunan pusat pemerintahannya (Istana, Kementrian, Departemen, Bank Indonesia, Kantor Pejabat Pemerintahan, Rumah dan Tempat tinggal, Jaksa dan Mahkamah Agung, Komisioner2, dan segala macam institusi kenegaraan lainnya). Karena cepat atau lambat, hal ini harus direncakan sebelum akhirnya menjadi mendesak dan terlambat sama sekali.

Sebagai contohnya Amerika Serikat sebagai negara maju dulu langsung memindahkan Ibu Kota Negara dan Ibu Kota Bisnis stelah presiden pertamanya yaitu George Washington. Dulu ibukota Amerika itu New York, dan begitu George Washington jd presiden dia melihat seharusnya ibukota amerika itu berdiri sendiri tanpa turut campur dalam ibukota ekonomi dan bisnis. Maka dia membangun ibukota negara yg baru namanya Washington DC

Contoh negara lain yang memisahkan Ibu Kota Negara dan Ibu Kota Bisnis yaitu :
1. Brasil : Rio > Brasilia
2. Malaysia : Kuala lumpur > Puterajaya
3. Australia : Melbourne > Canberra

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com