MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Pusat Industri IT Indonesia

Sudah menjadi hal yang sangat umum apabila melihat muatan-muatan elktronik LN menjadi bahan baku utama produk elektronik Indonesia. Hal itu dikarenakan produk muatan luar negeri dari Taiwan dan China sangat murah dan diproduksi secara massal sehingga membanjiri bahan baku produk elektronik di Indonesia dan negara lainnya.

Mungkin untuk menyiasatinya kita perlu membangun Sillicon Valley atau pusat pengembangan muatan elektronika seperti yang ada di China dan Taiwan?

Setahu saya kita sudah mempunyai kawasan IT yang sudah cukup di kenal di Indonesia. Mungkin kita perlu menyikapi ketergantungan kepada muatan elektronik dari Taiwan dan RRC dengan mempunyai political will yang sangat kuat bagi pengembangan pusat industri IT dan bahan-bahan elektronik secara terpusat pada daerah tertentu di Indonesia.

Di daerah tersebut kita dapat membuat pusat pembuatan program yang terdiri dari programmer-programmer, pakar IT, dan ahli IT di dalam negeri yang dilatih, dikembangkan, dan didukung kegiatan risetnya untuk mengembangakan produk-produk perangkat lunak yang nasional, berkualitas, serta terjangkau untuk penduduk Indonesia?

Di daerah itu juga kita dapat membuat industri perangkat keras dan segala muatan elektronik yang diperlukan di dalam negeri (sejenis sillycon valley) untuk menghasilkan sejumlah riset dan produk muatan elektronik yang berkualitas dan mumpuni yang mempunyai target pasar yang jelas di dalam negeri kita sendiri.

Selain tentunya akan menyerap ternaga kerja lokal dalam jumlah besar, tentunya hal ini juga akan menghasilkan nilai ekonomis yang sangat tinggi bagi Indonesia. Dan akan menciptakan nilai nasionalis yang sangat tinggi karena rasa nasionalis akan tercipta melalui dunia elektronik, dunia perangkat lunak (software) dan dunia internet.

Saya yakin banyak ahli dalam bidang programming, ahli modifikasi hardware, ahli bongkar pasang komputer baik itu PC maupun mobile computer (laptop, netbook, dll) untuk membuat banyak produk-produk IT nasional.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com