MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Cara pulihkan ekonomi global?

Cara yang dipakai oleh para bank2 sentral memotong interest rate.

Walau untuk sementara pergerakan bursa sama sekali tidak ada terpengaruh oleh adanya keputusan bersama tersebut, tetapi untuk jangka panjang menurut gw akan menimbulkan antusiasme di sektor riil. Yah, walay harus menunggu paling lambat 6 bulan sampai satu tahun untuk melihat efeknya langsung.

Sebenarnya menurut gw krisis ekonomi global sekarang ini belum habis, Untuk setidaknya krisis di US kira2 akan sampai 2010. Dan negara2 selain US akan sampai 2012. Yah, walau inti krisis sudah diketahui gimana bentuknya tetapi masih perlu waktu yg lumayan lama untuk memulihkan keadaan totalnya.

US government telah melancarkan bailout dgn duit pinjeman dari rakyat sendiri senilai US$ 700 bilion (miliar dalam rupiah) dlm bentuk bailout murni dan $900 bilion (miliar dalam rupiah) dalam bentuk pinjaman ke bank (suntikan likuiditas) sehingga ada perputaran duit. Lalu US Government juga meluncurkan stimulus ekonomi sejumlah $ 787 billion untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar terlepas dari deflasi dan resesi ekonomi amerika serikat.


Tetapi pada dasarnya US bailout sama sekali belum mampu menunjukkan optimisme di kalangan investor dan usahawan US, yang ujung2nya akan merambat ke ekonomi global.

Mengapa US bailout gagal ?

Dapat dibuat sebuah contoh..

Andaikan anda (investor) punya saudara (pemerintah) yang mempunyai 20 orang anak (bank and financial institution). Terus mereka adalah keponakan Anda semua.

Terus ponakan yang sulung minjam duit sama Anda, terus tidak dilunasin. Yang nomor 2 minjam duit, terus ga dibalikkan juga. Terus nomor 5 minjam duit dan ga dibalikkan lagi. Habis itu Anda kesel dan ketika yang nomor 7 minjam duit, Anda tidak memberinya. Terus bokapnya atau saudara Anda bilang dia pinjamin duit ke Anda supaya Anda bisa kasih pinjam ke nomor 7.
Anda mau tetap kasih pinjam duit ga ?

Nah, itu yang saat ini terjadi di US. Terlalu banyak asset yg jelek, hutang/obligasi yang jelek di dalam pasar.TIdak ada yang bisa dipercaya, akhirnya tidak ada investor yang mau nanamin modalnya.

Jadi kebanyakan investor institusi (investor milliaran dolar sekali nanamin modal) memilih untuk menunggu biarkan asset dan hutang yang jelek2 mati dulu, baru yang sisanya tertinggal ditanamkan modalnya.

Jadi ibaratnya, Anda harus tunggu sebagian besar dari 20 anak tersebut dirazia dan dihukum papanya.

Ini kan krisis ekonomi gloabal dari harga rumah di amrik dan orang2 yang tidak sanggup lunasi cicilan.

Sehingga sampai semua orang yang tidak sanggup bayar cicilan sudah habis diambil alih assetnya dan dilunasi dgn cara dijual kembali atau dilelang (foreclosure). Dan sampau harga rumah tidak menjadi turun lagi, dan diharapkan harga rumah bahkan naik. Saat itu baru kita bisa melihat ada tanda2 ekonomi membaik. Dan untuk beberapa negara imbasnya itu baru kerasa 1-2 tahun kemudian kira2.

Untuk bailout US government sekarang. Kenapa bisa gagal ?

Saat US mengalami great depression dulu, akhirnya pemerintah maksain pengeluarannya sendiri, jor-joran keluarin, menetapkan gaji minimum yang tinggi, menetapkan harga barang2 tidak boleh turun dgn peraturan & undang2, membuat banyak proyek pemerintah.

Dan pemerintah US yang sekarang terlilit hutang banyak, jadi tidak bisa berbuat banyak juga.

Sehingga ketika masa great depresion dulu, seperti satu kapal tenggelam ada 100 orang. Kapten kapal cuma bisa 60 orang dgn sekoci, dan 40 orang sisanya ditelantarkan. Sekarang ini mau tolong 100 orang, tetapi kapasitas sekoci kapalnya cuma 10 orang. Yah, intinya bailout $700 bilion plus pinjaman jangka pendek $900 bilion tidak akan bisa menyelesaikan semuanya. Itu jumlah yang sangat kurang.

Karena kalau mau benar2 bailout, seharusnya US$ 10 billion dan caranya sistematik, mulai menaikkan gaji, menebus homeowner (good foreclosure), menebus kredit jelek, dan membuka keran kredit.

Tetapi itu artinya inflasi bakalan besar banget, dan hutang negara jadi menjadi menumpuk juga.

Seperti yang nantinya terjadi akan seperti Indonesia zaman 97-98. Gaji naik, bank2 dinasionalisasi dan ditelan sama pemerintah. Kredit jelek ditekan. Tetapi inflasi sangat tinggi. Gaji naik nominalnya, tetapi dengan gaji yang naik cuma bisa belanja barang yang lebih sedikit.

Seebaliknya kalau dibiarkan tidak bailout, akan ada akuisisi demi akuisisi. Ekonomi akan resesi berkepanjangan, tetapi untuk jangka panjang akan lebih murah utk pengeluaran pemerintah.

Yah, begitulah. Serba tanggung krn duit ga ada utk atasinnya. Kalau dilakukan jg bakal inflasi, dan kl tidak dilakukan jg bakal reses (deflasi).

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com