MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Debt Management Indonesia

Saya sebenarnya lebih setuju pemerintah mempercepat pembuatan samurai bond (SUN bermata uang Yen yg dijual di pasar modal jepang) dan pemerintah Jepang menjamin akan ada investor yg tertarik dengan obligasi ini. Terimakasih buat rekomendasi dari Jepang. Dan juga dengan BSA juga salah satu opsi terbagus yaitu bisa dengan Jepang dan bisa dengan sesama negara ASEAN lainnya .

Kalau untuk penerbitan surat hutang di dalam negeri atau segmentasinya untuk dalam negeri saya tidak merekomendasikan. Karena sekarang sudah tercipta gejala crowding out, dimana persaingan di pasar obligasi sudah mulai ketat ditambah lagi dengan obligasi pemerintah yg ratingnya pasti bagus. Hal ini bisa membuat korporasi yg akan menerbitkan obligasinya (karena ketertarikan BI rate yg sudah turun sehingga akan mengalihkan investor beralih dari deposito ke obligasi yg lebih menjanjikan secara cost dan returnya) akan mengalami kesulitan permodalan di tengah gejolak krisis ekonomi sekarang ini.

Debt management di segala sektor ekonomi baik pemerintah, perusahaan, dan perbankan harus benar2 lebih perasa dalam menentukan arah kebijakan dan displin manajemen dan pencarian hutangnya.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com