MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Permasalahan Ekonomi Moneter

Permasalahan ekonomi moneter saat ini adalah :

1. Masalah slow PDB / pertumbuhan ekonomi melambat krn US$ menguat terus (akibat deflasi di US), harga2 komoditas spt oil, CPO, rice, corn, dll turun shg kinerja ekspor turun, pengangguran bisa bertambah, dan akan terjadi krisis lumayan serius di Indonesia. (Buat yg sekarang kerja malas2an apalagi gajinya tinggi, harus lumayan serius kerjanya krn bisa2 dipercat krn dianggap kurang berharga )

2. Bagaimana mengamankan uang2 masyarakat yang ada di bank2 di Indonesia agar masyarakat tidak menarik uangnya dari bank yang akan mengakibatkan ekses negatif ke sektor moneter Indonesia.
Bank Indonesia melihat bahwa kondisi inflasi inti yang saat ini sedang naik akan mengakibatkan return terhadap tabungan akan berkurang sehingga utk mencegah masyarakat merasa uang mereka di bank tidak aman, dan lebih baik disimpan dgn cash di bawah kasur, maka BI menaikkan SBI nya. Sehingga masyarakat jg merasa aman utk menyimpan uang di Bank. Tetapi akibatnya masyarakat jg semakin malas utk berinvestasi krn biaya investasi akan semakin mahal karena bungan pinjaman juga otomatis naik karena SBI naik.

Tetapi menurut gw utk solusi bagi masalah ini adalah penjaminan simpanan nasabah melalui LPS bisa ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat benar2 merasa aman utk menyimpan tabungannya di perbankan Indonesia.

3. Masalah US$ semakin tinggi.
Hal ini sangat berakibat lumayan penting bagi sektor pembayaran utang luar negeri Indonesia dlm bentuk US$. Jika US$ naik padahal pemerintah kekurangan devisa dalam bentuk US$ sehingga harus sangat bayar banyak utk membeli lg US$, bisa2 negara Indo bisa bangkrut lagi. Sehingga BI menaikkan SBI...


Tetapi masih sangat keliru jika SBI tetap dinaikkan dan tidak diturunkan.
Sektor bisnis dan ekonomi bisa hancur kalau begitu.

Perdagangan saham dan sektor riil juga bisa bangkrut karena kesulitan mencari kredit yg murah dan prospek investasi semakin tipis di tengah2 demand yg slowing ini. Sektor ekspor komoditas juga bisa mundur. Dan ujung2nya akan terjadi resesi alias PDB turun, dan ada kebangkrutan, PHK, dll. Karena tren yg ada sekarang adalah pertumbuhan ekonomi turun, shg akan sangat lebih baik jika bunga SBI diturunkan shg bisa memicu perbaikan ekonomi yang lebih cepat.

NB : SBI = suku bunga Bank Indonesia, PDB = pendapatan domestik bruto, LPS = lembaga penjamin simpanan

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com