MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Cara Pulihkan Ekonomi China

Ekonomi china memang tertekan banyak di krisis ekonomi global saat ini. Tetapi hal ini tidak menyebabkan ekonomi china secara makroekonomi mengalami gejolak moneter yg besar dikarenakan ekonomi moneter china dipandang dari cadangan devisa (reserve) dan currency china relatif sangat besar. Ditambah china memiliki BUMN dengan skala industri multinasional yang sangat besar dilihat dari sisi modal dan cash flow.

Tetapi krisis ekonomi china sangat mengoyak ketahanan masyarakat china yang berpendapatan rendah yang pada umumnya bekerja secara industri rumahan dan sebagai buruh2 pabrik di kota-kota industri china. Sederhananya, hal ini akan mengakibatkan adanya kesenjangan (gap) ekonomi dan sosial di dalam internal masyarakat china. Dan juga hal ini dapat menjadi gejolak sosial tersendiri bagi masyarakat pedesaan yang mengalami lonjakan penduduk diakibatkan pulangnya sejumlah besar masyarakat buruh perkotaan ke pedesaan.

Hal ini dapat dicegah oleh pemerintah china dengan meningkatkan kapasitas pembelian pemerintah china terhadap barang-barang produksi masyarakat pedesaan seperti makanan, komoditas pertanian, perikanan, dan perkebunan. Serta memberikan kemudahan kredit dan insentif fiskal bagi masyarakat pedesaan.

Untuk jangka panjang saya yakin RRT melampaui Jepang asalkan RRT meniru Jepang dalam menciptakan kesejahteraan bagi warganya. Yaitu dengan cara mereka memperhatikan kesejahteraan dan hak individu daripada setiap warganya sendiri dalam kehidupan rakyatnya masing-masing. Sehingga akan menimbulkan kekuartan ekonomi yang kuat tidak hanya pada sisi ekspor tetapi juga konsumsi masyarakat RRT yang sangat banyak dan sangat potensial. Karena dalam sistem ekonomi Buyer >>> Supplier.

Karena Buyer >>> Supplier

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com