MILIK PRIBUMI
Don't ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country and it's not about the money.

Ismail Marzuki – Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :
Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

- APB -

Kepemimpinan dan Sistem

Photobucket


Pemimpin yang baik harus bisa menciptakan sistem yang baik. Dan sebaliknya, sistem yang baik harus bisa menciptakan calon-calon pemimpin yang baik. Jadi ada konvergensi yang sama pentingnya. Dan relatif wajar apabila pihak-pihak yang berseberangan yaitu pemimpin dan orang2 dalam sistem berbeda pendapat. Karena keduanya melihat dalam sudut pandang yang berbeda tetapi tetap menganggap pemimpin dan sistem yang baik sama-sama dibutuhkan. Pemimpin yg baik tentu menganggap sistem yg baik sangat dibutuhkan. Orang-orang dalam sistem tentu menganggap kita memerlukan kepemimpinan yang baik. Itu hal yang sangat alami di dalam suatu tataran komunitas.

Pada zaman saat ini dimana masih terbawa pada pola pikir feodal atau raja dan masyarakat memang relatif lebih diperlukan sosok seorang pemimpin tunggal. Oleh karena itu relatif untuk saat ini saya menekankan perlunya menjaga agar pemimpin zaman sekarang harus benar2 bersih dan benar2 solid baik dalam karakter maupun substansinya karena metode kepemimpinan saat ini masih sangat mencondongkan pada individualisme semata. Jadi untuk saat ini kepemimpinan harus sangat dijaga sosok siapa dibelakang the most ultimate power tersebut.

Tetapi untuk ke depannya, saya sangat berharap ada perbaikan sistem secara lokal, regional dan global. Seperti mencontoh Uni Eropa dengan sistem bersamanya, dimana setiap hal dan ketentuan dijalankan dengan saling mengawasi dan saling mengatur sehingga dapat terlihat tidak ada dominasi baik dalam sektor keuangan maupun dalam hak asasi manusia. Bahkan uni eropa mencetuskan ketentuan untuk memikirkan unit usaha terkecil dahulu dalam membuat suatu kebijakan ekonomi. Jadi uni eropa adalah cerminan sistem yang bagus untuk dunia ke depannya.

Indonesia juga saat ini bagus, dimana Presiden dan pemerintahan dikelilingi oleh komisi-komisi yang baik peraturannya, mahkamah konstitusi yang mengawasi uud 1945, dan segala lembaga yang saling mengawasi lainnya. Ini juga adalah tata sistem pemerintahan yang sangat baik menurut saya dan perlu dikembangkan semaksimal mungkin beserta sistem pemerintahan yang dijalankan oleh partai politik. Keseimbangan ini harus benar-benar dijaga terus menerus.

Hal ini karena Power Tendent to corrupt, and ultimate power corrupts absolutely. Oleh karena itu perlu sangat amat dijaga agar yg memiliki ultimate power tersebut benar2 orang yang bersih dan solid pada kepribadian dan ilmunya. Tetapi sekali lagi untuk ke depannya perlu ditekankan perubahan power pada individu kepada pola saling pengawasan antar lembaga untuk menciptakan keseimbangan sistem dan saling mengkoreksi agar tercipta suatu kehidupan yang benar2 dibutuhkan oleh segenap manusia.

Untuk ke depannya keseimbangan antara komisi2 independen, mahkamah konstitusi dan sistem pemerintahan partai politik harus diseimbangkan. Karena saya dengan nyata melihat bahwa ada upaya2 nyata yang mengarah kepada amputasi kekuatan terhadap komisi-komisi ini. Padaha komisi-komisi dan sistem pemerintahan politik ini bertugas saling mengkoreksi dan saling memperbaiki demi keutuhan bangsa.

Contohnya :
1. UU Tipikor yang kurang ingin diulas oleh DPR sampai Menteri Hukum dan HAM mencak2 mengatakan DPR tidak serius membahas UU Tipikor. Dan pembongkaran paksa kewenangan KPK sebagai ujung tombak pemberantasan koruptor dan reformasi birokrasi Indonesia.
2. Komisi Perlindungan Saksi dan Korban sampai sekarang masih lumpuh dan tidak berjalan padahal lembaga ini sangat penting untuk membuat hukum di Indonesia berjalan solid dan konsekuen.
3. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi sudah tidak pernah terdengar lagi kabarnya. Dan lembaga2 negara lainnya yang bertugas saling memperbaiki sistem Republik Indonesia ini.
4. Badan Pemeriksa Keuangan sedang dilucuti nilai-nilainya oleh penyaringan ketua dan pemimpin BPK yang tidak demokratis. Dan bahkan anggota2 DPR yang mencalonkan diri menjadi pemimpin BPK. Hal itu sama saja dengan DPR interview dirinya sendiri.

Banyak upaya-upaya dari POWER (yg tendents to corrupt) saat ini yang berupaya mencegah adanya perbaikan dan saling koreksi sistem di dalam Republik Indonesia. Dan kita harus menyadarinya dan berupaya memperbaikinya.


Pemimpin salah satu tujuan utamanya adalah mewujudkan persatuan. Tetapi persatuan saat ini hanya dapat terwujud apabila kebutuhan ekonomi masyarakat sudah terpenuhi sehingga masyarakah sudah dapat hidup sejahtera. Ketika kebutuhan dasar seseorang dan masyarakat tidak terpenuhi seperti kesejahteraan para pedagang kaki lima di daerah2 wisata yg jarang pengunjung, atau petani yang kesulitan permodalan dan pupuk, jangan harap persatuan dapat terbina.

Walau saya mengakui, persatuan selain oleh kesejahteraan dapat juga semakin erat oleh spiritualitas dan latar belakang kultur historis. Tetapi tetap saja itu hanya penambah rasa persatuan. Sama halnya dengan mengapa Indonesia bersatu merdeka? Karena untuk memperjuangkan sistem kesejahteraan yang merata bagi bangsa Indonesia dan hak-hak ekonomi mereka dirampas oleh VOC.

Dalam tatanan kepemimpinan. seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang siap sedia untuk turun kapanpun rakyat yang dibawahnya menuntut dia untuk mundur. Pemimpin tanpa dukungan rakyat adalah bukan pemimpin. Pemimpin yang didukung oleh rakyat adalah pemimpin. Pemimpin harus siap apapun kemauan rakyat dan sanggup memberikan keteladanan dalam sikap kepemimpinannya.

Tetapi dalam tatanan sistem dibawahnya terlepas dari sudut pandang pemimpin, yaitu dalam tatanan sistem pemimpin hanyalah contoh. Pemimpin di mata sistem yang memang diharuskan dapat mandiri ini, sosok pemimpin yaitu figur, ibarat lukisan di dinding rumah yang dapat inspirasi ketika melihatnya. Karena sistem harus bisa berjalan mandiri terlepas dari siapapun pemimpinnya.

Dalam pembangunan masyarakat harus mencontoh pembangunan aspek terkecil dari masyarakat yaitu individu. Kekuatan terbesar seseorang ada pada tekad dirinya sendiri. Kekuatan terbesar seseorang ada pada kemauannya untuk merubah nasibnya sendiri dengan kerja keras. Kekuatan terbesar seseorang TIDAK ada di luar dirinya sendiri. Dengan membuat seseorang sadar kalau dia adalah ciptaan Tuhan yang paling diutamakan di bumi tercinta ini, maka ia dapat mempunya mental yang mandiri tanpa perlu bergantung kepada orang lain.

Sehingga jika diakumulasikan dalam masyarakat hasil yang didapat sama saja. Mengganti kata seseorang di paragraf di atas dengan kata masyarakat maka didapat
Kekuatan terbesar masyarakat ada pada tekad masyarakat itu sendiri. Kekuatan terbesar masyarakat ada pada kemauannya untuk merubah nasibnya sendiri dengan kerja keras. Kekuatan terbesar masyarakatg TIDAK ada di luar masyarakat itu sendiri. Dengan membuat masyarakat sadar kalau kita adalah ciptaan Tuhan yang paling diutamakan di bumi tercinta ini, maka kita dapat mempunya mental yang mandiri tanpa perlu bergantung kepada orang lain.

Maka kita harus membuat diri kita dan nembuat masyarakat sadar kalau kekuatan itu ada di dalam diri kita dan masyarakat kita sendiri dan bukan pada orang atau bangsa lain. Tetapi tetap kita HARUS berperilaku secara sportif terhadap orang-orang atau bangsa-bangsa lain sesuai etika yang berlaku.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates made by AllBlogTools.com